Senin, 04 Maret 2013

Trick iOS 6.1: Cara Membobol Lockscreen iPhone


Melihat judul di atas pastinya Anda langsung bertanya, apakah Apple melakukan kesalahan pada lockscreen? Well, perlu diketahui bahwa celah dalam iPhone lockscreen telah muncul di iOS 2.0 pada tahun 2008. Dan kini di tahun 2013, seorang pengguna iPhone berhasil menemukan cara untuk membobol passcode dalam lockscreen iPhone.

Mengenai munculnya kembali celah di lockscreen iPhone, bos Kapersky turut memberikan komentarnya:
“Mirip dengan kerentanan passcode di iPhone [di waktu lalu], eksploit ini memanipulasi fungsi screenshot, emergency call dan tombol power. User bisa melakukan panggilan darurat (misalnya 911) dari iPhone lalu membatalkannya sambil toggle power ON dan OFF untuk mendapatkan akses sementara.”
Sementara itu menurut Jacqui Cheng dari situs Ars Technica turut menjelaskan mengenai eksploit di passcode iPhone yang detilnya ditemukan pada 18 Februari lalu oleh CEO Vulnerability Lab, Benjamin Kunz Mejri:
“Perbedaan anatar eksploit yang ada di waktu lalu dan yang muncul saat ini adalah bagaimana dia bisa menjadikan iPhone screen hitam, sehingga memungkinkan seseorang untuk mengoneksikan iPhone ke komputer via USB dan mengakses data milik user tanpa harus memasukkan PIN atau passcode.”
Seperti eksploit yang muncul di tahun 2008, eksploit terbaru ini memungkinkan seseorang yang tidak bertanggungjawab untuk melewati passcode di Lockscreen dan mendapatkan akses ke pesan, phone calls, kontak dan data pribadi lainnya.

Anda bisa mencoba membobol passcode iPhone melalui langkah-langkah berikut:
1. Pastikan passcode diaktifkan melalui Setting dan lalu kunci iPhone dengan menekan tombol Sleep/Wake.
2. Tekan tombol Sleep/Wake untuk mengaktifkan iPhone
3. Slide untuk unlock
4. Tap tombol Emergency Call dari virtual keypad
5. tekan 911, 110, 112 atau nomor darurat lain yang Anda tahu lalu batalkan panggilan telepon
6. Tekan tombol Sleep/Wake untuk menjadikan iPhone dalam mode sleep, lalu wake sekali lagi dan slide to unlock.
7. Tekan dan tahan tombol Sleep/Wake selama 3 detik dan sebelum muncul ‘slide to power off,’ segera tap tombol Emergency Call.

Selama Anda menahan tombol Sleep/Wake, Anda akan tetap mendapatkan akses ke kontak, call list, aplikasi, dll. Dalam hal ini orang lain juga bisa mengoneksikan iPhone Anda ke komputer via USB sehingga dia mendapatkan data yang lebih banyak tanpa harus memasukkan passcode. Sangat mengkhawatirkan, bukan?
Tentu saja Apple tidak akan tinggal diam. Dalam update iOS terbaru (kemungkinan iOS 6.1.3) Apple akan memberikan fixes untuk kesalahan dalam passcode tersebut sehingga langkah-langkah di atas tidak bisa lagi Anda pakai untuk membobol iPhone lockscreen. Untuk sementara, silakan jaga baik-baik iPhone Anda untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan :)


Ref: http://www.idownloadblog.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar